Surya Kopitiam, Kopitiam Asik di Banyuwangi

kopitiam banyuwangi


Seperti biasa kalau lagi di Banyuwangi, seringnya ngafe sama sohib. Kebetulan hotel saya kali ini di Sans Hotel yang nggak begitu jauh dari kopitiam di Banyuwangi dan sohib ngajak ke Surya Kopitiam yang bersebelahan sama Sego Sambel Mbok Judes. 

Waktu saya tiba dilokasi, ya ampunn rame bener, padahal masih sekitar jam 6 sore, lepas magrib saya dan sohib langsung cuss ke lokasi yang cuman beberapa menit dari Hotel Sans. 

Nongkrong di Surya Kopitiam Banyuwangi
Surya Kopitiam ini menempati sebuah bangunan rumah yang di beberapa bagian mengalami sedikit perombakan, untuk menambah kesan estetik aja. Kalau dibilang estetik banget, enggak juga, tapi pengunjungnya banyak bener, sohib saya aja sampe heran, tiap kali dia kesini memang selalu rame. 
menu surya kopitiam

cafe kota banyuwangi

cafe banyuwangi


Menu di Surya Kopitiam, saya memilih toast dan teh tarik hangat, lagi-lagi teh tarik. 
Butter Kaya Toast yang saya pesan dihargai 15 ribu dengan roti yang cukup tebal dan porsi yang lumayan. Dari segi rasa nggak mengecewakan sih, enak lah menurut saya ya.

Dan untuk teh tariknya, setelah saya seruput, astagahh ini juga enak, karena sebelumnya saya sempat ngafe di tempat lain dan memesan teh tarik, rasanya agak gimana gitu. Satu gelas teh tarik panas di Surya Kopitiam dihargai 13 ribu. 
kopitiam banyuwangi

butter kaya toast surya kopitiam
Perpaduan yang perfecto

teh tarik surya kopitiam


Area Surya Kopitiam Banyuwangi
Untuk area indoornya dibuat terkesan jadul dengan cat dinding berwarna hijau tua yang dipadankan dengan keramik kotak kecil warna putih. Biasanya kalau cafe rata-rata memilih warna cat berwarna cerah kan, nah di Surya Kopitiam ini malah memilih warna gelap. Vibesnya kayak berada di rumah jadul alias jaman dulu. Lantainya juga beralaskan keramik dengan motif vintage. Pas banget dah aura vintagenya jadi dapet.

Sedangkan di area outdoor terdapat banyak tempat duduk, kebanyakan pengunjung memang memilih area outdoor, karena area indoornya memang kecil. Meskipun penerangan di outdoor nggak terlalu terang, tapi cukup nyaman kalau buat ngobrol sama temen.
menu surya kopitiam

kopitiam banyuwangi

cafe banyuwangi

surya kopitiam banyuwangi


Dan meskipun saat itu rame banget, pesanan saya datang ngga perlu nunggu waktu lama, termasuk cepet juga servisnya.

Next time kalau diajakin ke Surya Kopitiam lagi, hayuk aja lah.


Surya Kopitiam
Jl. Mendut Gg. 5 No. 7 Banyuwangi
IG : suryakopitiam

Comments

  1. Mba 🤩 nemu aja deh tempat makan enak. Surya Kopitiam ini desain interiornya cakep banget ya. Sudah gitu butter kaya toast nya tebel 🤩 ini udah jadi khas dan memang mesti di coba kalau ke Kopitiam sih ya. Aku pun suka soalnya, rasa manis nya pas dan aroma butternya enakkk.

    Teh tariknya pun tampak menarik juga. Jadi klop banget sama kaya toast. Memang enak sih ya makan atau nyantai sore bareng sohib. Ternyata staf di sana pun sangat gercep nyiapin pesanan, seneng banget lah kalau gini. Teroenting lagi, harga ramah dikantong. Maka wajar kalau ramai terus ya.

    ReplyDelete
  2. Mbaak. Di sana jual makanan berat juga kah? Mau ngezoom daftar menu tapi belum kelihatan. Kaya toast plus teh tarik emang paduan yg paling pas ya. Apalagi harga juga terjangkau.

    ReplyDelete
  3. Duuuh aku tuh sukaaa banget sarapan jadul, kopi dan roti bakar tebel begini mbaaa.

    Dan memang yaa, teh tarik di Indonesia itu susaaah kdg dpt yg enak. Beda Ama di Malaysia yg tempat mana pun jual teh tarik selalu enaaak. Ga pernah failed. Kalo di jakarta aja, ga semua teh tarik sesuai dengan citarasa. Adalah yg susunya dominan, atau tehnya ga tau rasa apaan. Malah ada yg pake teh jasmine. Mana enaaak teh tarik pakai teh bunga begitu 🤣

    JD kalo Nemu teh tarik yg enak, aku seneng sih 👍👍

    ReplyDelete
  4. Rotinya sukaaa mbaa.. tebel gitu.. Butter toast yaaa. Uhh nyari roti bentukan tebal kaya gitu agak susah di sini kalau bukan ke Toko Roti yang agak proper 😆 btw, Teh Tariknya terlihat menggiurkan. Apakah rasanya sama kaya Teh Tarik sachet itu mba?? Aku kadang suka beli itu. Abis di sini yang jual teh Tarik hampir nggak ada. semisall ada pun nggak berbusa gitu.. lebih kaya Teh Susu yang diudek 🤣

    ReplyDelete
  5. Asik banget Kopitiam nuansa jadul dan menyajikan aneka macam comfort food. Pastinya bikin nyaman. Apalagi kalau rasanya enak, bisa jadi langganan terus kan

    ReplyDelete
  6. Nuansanya klasik, menu-menunya juga disajikan di gelas dan piring sederhana model jadul gitu ya. Asyik deh kalo nemu tempat-tempat estetik dengan jenis menu yang variatif tapi rasanya enak, harganya terjangkau pula. Rame juga ya tempatnya, bisa visit berkali-kali ke sana.

    ReplyDelete
  7. Mungkin sudah jadi ciri khasnya kopitiam ya mba...bangunan kopitiam pasti lebih cenderung ke bangunan rumah dengan hiasan tempo dulu biar terkesan vintage nya yaaa..teh tarik dan toast memang menu wajib yg gak boleh terlewat klo kita ke kopitiam :)

    ReplyDelete
  8. Aaaak, murah bangeeeett... bisa nih jadi tempat yang bakal aku kunjungi kalau ke Banyuwangi. Apalagi tempatnya kayak pulang ke rumah nenek, nyaman banget...

    ReplyDelete
  9. Mungkin harganya murah meriah makanya tempatnya ramai, teh tarik cuma 13k menurut ku cukup murah.

    ReplyDelete
  10. hahahah, aku kebayang sama raut wajah temennya yg bingung, tiap kali datang pasti rame. Mungkin lain kali jam datangnya diganti mendekati jam baru buka...hehehehe... Memang suka bikin dua perasaan sih, pertama jadi yakin memang suasana dan makanannya seenak itu. Perasaan berikutnya be lyke ... hadeh, rame lagi, rame lagi, mau duduk sebelah manah....?

    ReplyDelete
  11. kayaknya Kak Ainun lama juga ya di Banyuwangi, semua tempat kayaknya dikunjungin, bisa jadi referensi buat yang mau jalan-jalan ke sana Kak AI, btw itu rame banget ya kak tempatnya, di sana kan dingin ya kalau malam jadi kayaknya seru memang buat nongkrong sambil minu teh atau kopi hangat ya

    ReplyDelete
  12. Mba, salfok sama Butter Kaya Toast harganya murce lagi yah tapi jauh bener di Banyuwangi :D belum pernah ke sini aku smg ada rezeki bisa main2 ke Banyuwangi

    ReplyDelete
  13. Asli deh, nemu aja mbak tempat dengan konsep vintage sebagus ini. Apalagi kalo baca review teh tariknya yang mantap, aku jadi penasaran juga. Iya, aku juga sukaa banget sama teh tarik. Prefer itu ketimbang kopi.
    Thumbs up juga kalo pelayanannya cepat bin sat set. Karena aku paling males ngobrol sama temen kondisi laper dan nunggu pesenan, hahaha

    ReplyDelete
  14. Asyik ya nongkrong di cafe yang punya vibes jadul kayak di Surya Kopitiam. Apalagi kalau menu yang disajikan enak. Berasa nggak rugi kalau nongkrong atau sambil kerja di sana.

    ReplyDelete
  15. Baru baca dan lihat fotonya, langsung suka dengan penampakan rumahnya. Akhirnya nemu list tempat nongkrong baru yang nyaman di Banyuwangi! Surya Kopitiam ini suasananya bikin betah banget, apalagi kalau sambil ngobrol sama teman-teman. Kopinya juga enak, strong tapi nggak bikin pahit. Menu makanannya juga variatif, pokoknya cocok banget buat nongkrong santai.

    ReplyDelete
  16. Sekarang ini kedai kopitiam banyak ya mbak
    Di surabaya juga banyak
    Aku klo ke kedai kopi tiam paling suka pesen kopi butter dan roti bakar srikaya
    Hehe
    Bagi orang banyuwangi, klo pengen kopitiam paling enak ya ke surya kopitiam ini ya

    ReplyDelete
  17. Profesional sekali siih..Surya Kopitiam ini.
    Meski banyak pelanggan, tetap kecepatan penyajian menjadi yang utama. Jadi ga keburu lapeerr banget gitu yaa..
    Kopitiam ternyata bahasa Hokkian yaah.. aku pikir jenis kopinya. Heehe..

    Benernya ada enaknya cafe rame begini..
    Sekalian ngliatin aktivitas orang lain, hahaha... bukan kepo, tapi mengamati ini bikin healing jugaa..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang