Betah Nongkrong di Birdnest Coffee & Burger Jember

birdnest coffee jember


Di Jember lagi-lagi muncul cafe baru, kali ini lokasinya strategis banget, yaitu di depan Stasiun Kota Jember, tinggal nyebrang jalan dari pintu keluar penumpang, langsung deh nyampe ke Birdnest Coffee and Burger Cafe. Saya aja tahunya juga termasuk telat nih, padahal sering ke stasiun tapi nggak ngeh kalau di depan pintu keluar ada cafe, malah yang aku tahu sebelahnya Birdnest, karena dulu termasuk sering nongkrong di cafe sebelahnya. Bisa-bisanya sih.

Di depan stasiun Jember memang terdapat bangunan lama dan Birdnest ini dulunya rumah biasa yang saya tahu, ehh tiba-tiba udah berubah jadi cafe yang cukup aestetic juga dengan dominan warna bangunan putih dan biru muda.

Birdnest Coffee & Burger Jember
Di area luar terdapat cukup banyak tempat duduk yang bisa dijadikan pilihan kalau lagi pengen suasana alami gitu.

Masuk ke dalam cafe, yup memang bener kalau cafe ini dulunya adalah bangunan rumah lawas, lantainya masih keramik jadul warna hitam tapi terlihat bersih dan nggak banyak renovasi dibagian dalam. Meskipun bangunan lama, tapi penataannya juga cukup aestetic sehingga pengunjung betah disini. 
cafe pusat kota jember


Beberapa bagian temboknya juga ada yang dibiarkan mengelupas, sepertinya sengaja dibiarkan seperti itu biar kesan kunonya dapet kali ya. Selain pajangan lukisan kanvas, di sudut temboknya juga dipajang beberapa foto lawas dari kota Jember dengan warna hitam putih.
coffee burger cafe birdnest

cafe jember

cafe jember


Di bawah rak ini, ada tempat makan kucing, untung kucingnya anteng


Kali ini saya memilih es kopi susu sebagai temen nongkrong dan ternyata enakkk. Entah kopi apa yang digunakan, soalnya saya sendiri juga nggak nanya. Untuk harganya sendiri yaitu 22 ribu aja.

Terus biar nggak gabut banget, akhirnya saya pesan juga burgernya dan saya memilih Tropical Hawaian Burger, kalau diliat dari buku menunya memang terdapat beberapa varian burger, dan saya ngasal aja pilih Tropical Hawaiian burger yang tertulis Homemade Brioche Bun, Lettuce, Beef Patty, Onion, Toasted Pineapple Slice, Red Cheddar Cheese, waduhh banyak banget isiannya dan saya pilih ukuran Medium dengan harga 34 ribu.
birdnestt coffe jember


Siang itu memang waktunya jam makan siang, tapi di Birdnest cafe masih nggak terlalu rame pengunjung. Enaknya kalau dateng pas siang sih ini ya, biar puas foto-foto.

Di area deket kasir, dipajang beberapa penghargaan dari kompetisi Manual Brewing, biasanya kalau ada penghargaan yang ditunjukkan ke publik seperti ini, kesannya pengunjung jadi terkesan dong dengan kualitas kopinya kayak gimana. Berarti racikan baristanya nggak perlu diragukan lagi. Selain itu juga dipajang beberapa pilihan biji kopi arabika dari beberapa brand lokal. 

Lokasi persis depan pintu keluar stasiun Jember


Selama saya nongkrong singkat di Birdnest, cafe ini dijadikan jujugan oleh penumpang kereta, lumayan juga sambil nunggu jadwal keberangkatan kereta bisa nongkrong dulu dan nggak akan ketinggalan kereta juga. 

Next time pengen cobain varian kopi yang lain kalau nongkrong lagi di Birdnest Coffe ini.


Birdnest Coffee & Burger
Jl. Wijaya Kusuma No. 58 Jember
IG : birdnest.story

Comments

  1. kayaknya baru buka ya? Akhir bulan Juni lalu, saya sempat pulang ke Jember, tapi saya belum melihat adanya kafe ini.. (cmiiw)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Birdnest dari tahun 2022 Mas Eko, aku dulu juga kurang merhatiin sama cafe ini, padahal cukup sering ke stasiun. Dulu memang pernah nongkrong di salah satu cafe depan stasiun, tapi bukan ini, eehh ternyata ada tambahan lagi cafe di bagian ujung yang sempet aku lewatkan, ya Birdnest ini

      Delete
  2. Yang punya kafe ini tau kalau lagi gabut nunggu di stasiun mending ke sini aja ,sambil makan"dan ngopi hehe..untuk harga segitu mah masih terjangkau banget ya...ciri bangunan lama plavonnya tinggi ya..unik gitu.

    ReplyDelete
  3. Tetlihat spt rumah biasa, ini srelalu bikin spt di rumah , nyaman apalagi ada burger kesukaanku

    ReplyDelete
  4. Enak lokasinya ya strategis dekat stasiun jadi bisa nongkrong sebelum berangkat naik kereta, desain interiornya juga simpel tapi asyik buat nongkrong

    ReplyDelete
  5. Ini strategi banget ya, mana tempatnya unyu, suka banget dengan temanya yang terlihat minimalis tapi kece. Apalagi kopinya enak, harga juga terjangkau, bisa banget jadi jujugan yang asyik sambil nunggu jadwal kereta. Keknya kalau someday bisa ke Jember, saya bakalan langsung mampir sini, hahaha. Bisa ajaaaa menginfuence nih

    ReplyDelete
  6. Lokasinya super strategis nih. Krn pasti rame dengan penumpang kereta yg lagi nunggu jam berangkat atau baru datang 👍👍.

    Aku sukaaa liat bentuk cafenya, apalagi di cat putih biru. Ditambah pepohonan hijau, cakeeep kombinasi warnanya 👍👍😍.

    Kalo kopinya pasti enak ya mba. Ngeliatnya aja suegeeer. Pengeen ih cobain juga. Apalagi ada kuciiiing 🤣😍😍😍😍. Udh pasti aku seneng kalo kesini

    ReplyDelete
  7. Kalo ini mah masih bagus mbak.. Konsepnya agak abandoned, tapi teteup niat banget dekoresyennya, jadi hasil akhirnya pun keliatan nyaman di mata dan asyik buat nongkrong lama.

    Deket rumahku ada cafe konsepnya abandoned juga, eh... sekarang malah abandoned beneran. Wkwkwk

    ReplyDelete
  8. Sepertinya konsep rumah dijadikan cafe emang lagi trend ya mba, begitupun disini. Apalagi di tempat yang strategis seperti stasiun pasti banyak yang mampir, di jam-jam yang kereta datang. Aku juga kalau lagi nunggu gitu pasti bakal mampir kesana.

    ReplyDelete
  9. Tempatnya strategis banget, desainnya juga nyaman. Kalo gabut nunggu kereta, boleh juga sebagai tempat nongkrong

    ReplyDelete
  10. Warna Biru cantik dipadukan rumah walas sangat menarik seh Birdnest Coffee and Burger Cafe dan depan stasiun pula.
    Boleh juga nih dicoba dan deket banget sama stasiun pun.

    ReplyDelete
  11. Akhirnya nemu tempat nongkrong baru yang nyaman banget di Jember ya kak! Birdnest Coffee & Burger ini suasananya asyik banget, apalagi kalau sambil ngobrol sama teman-teman. Kopinya juga terlihat enak, sepertinya Burgernya pun juara, semacam dagingnya empuk dan bumbunya menyempurnakan banget. Pokoknya wajib banget dicoba buat kalian yang lagi di Jember!

    ReplyDelete
  12. Lokasinya lumayan strategis ini buat yg nunggu kereta apa yg baru dtg bisa ngopi2 nyantai2 dl sblm perjlanan...
    Bangunan yang dibiarkan tetap kuno namun terawat jadi memberikan kesan vintage yang makin alami ini mbaa jadi salah satu daya tariik dr birdnest coffee yaaa...
    Aku kalo biasanya makan sendiri di tempat baru gitu pilih menu yg ada jmpolnya setidaknya biar tdk kecewa hehe

    ReplyDelete
  13. Menarik banget nih mba nongkrong dan ngemil sambil ngopi di Birdnest Coffee and Burger Cafe. Lokasinya strategis pisan. Jadi misal nanti ke Jember dan nunggu kereta, bisa mampirin dulu kesini.

    Sudah gitu, burger dan kopi yang mba pesan mantul nih. Harganya pun ramah dikantong. Seneng deh kalau ada cafe bagus, estetik dan rasa makanannya masih oke. Jadi perpaduan yang ciamik serta rekomen buat dikunjungi next nya.

    ReplyDelete
  14. wahhh Saladin paling suka makan burger, boleh lah kalo dolan ke Jember nongkrong di sana. Tempatnya bagus ya, mengundang keinginan untuk foto2 wkwkkw, di mana2 ngonten teruuus. Biru2 gitu kafenya, jadi ingat blogger keluarga biru.

    Kopinya keliatan seger nih, jadi penasaran.

    ReplyDelete
  15. Iya sih. Kadang kan kita kalau mau naik kereta, suka nyampek stasiun duluan sebelum jadwal pemberangkatan. Biar nggak terburu-buru sih maksudnya. Kalau ada cafe yang asyik buat nongkrong kan enak. Sembari nunggu waktu check in, kita bisa ngopi cantik dulu.

    ReplyDelete
  16. Sebuah tempat alternatif cafe yang cukup asyik di Jember dan juga bisa salah satu tempat nunggu kereta, bisa ngopi dan santai dulu sebelum boarding Naik Kereta Api. Tempatnya juga cukup estetik ya bisa buat konten

    ReplyDelete
  17. tempatnya vintage-vintage gitu kayaknya ya Mba Ai, sepi gitu jadinya nyaman buat nongkrong lama minum kopinya ya, pensaran dengan rasa kopi khas sana belum pernah cobain

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang