Nyore di KL Park Jember

kl park rembangan jember


Tiba-tiba temen Jember Backpacker kirim WA mengenai konfirmasi apakah saya bisa ikut join di hari Minggu buat kumpul-kumpul, mereka tahu saya agak susah buat diajakin kumpul, karena memang jadwalnya padat. Weekend kadang ada kerjaan diluar kota dan meskipun hari Minggu tetep ada kerjaan, untungnya pas pagi aja. Jadinya sore bisa ngelayap kumpul-kumpul sama anak-anak Jember Backpacker.

Saya kumpul dulu dirumah temen, biar nggak nyasar waktu nyari KL Park, meskipun jalanan menuju wisata Rembangan sudah pernah saya lewati, tapi saya belum tahu pasti lokasi dari KL Park ini.  Agak shock juga ada nama tempat di Kota Jember yang diberi nama KL Park, yang ada di benak saya pasti “Kuala Lumpur Park”.
kl nature park jember


Sampai akhirnya temen saya menemukan singkatan dari kata “KL” ini yaitu Kemuning Lor, jadi nama tempat ini adalah Kemuning Lor Park. Kemuning Lor sendiri yaitu nama desa. 

Welcome KL Park Jember
Sewaktu saya tiba di KL Park, saya mencoba berkeliling kali aja ada papan nama yang menjelaskan apa itu KL Park, tapi hasilnya nihil. Yaweslah saya langsung menuju di bagian tempat order makanan sambil duduk-duduk manis.

Saya tiba di lokasi sekitar jam setengah empat sore, yang mana sewaktu kita mau order makanan ternyata sudah diclosed. Woww. 
wisata rembangan jember


KL nature park jember



Usut punya usut

Ternyata KL Park ini masih dikelola oleh masyarakat sekitar Desa Kemuning Lor, Kecamatan Patrang Jember. Temen saya sempat mengintip di area dapur, katanya yang masak adalah ibu-ibu, kalau cafe kan kebanyakan pekerja yang memang terlihat profesional macam barista gitu. Nah di KL park ini, tampilan ibu-ibunya nggak berbeda jauh kalau kita ada acara di desa dan para ibu-ibu gotong royong buat masak gitu, persis. Jadi, kenapa jam 3an sore sudah diclosed order nggak terima pesanan menu makanan, karena tenaga ibu-ibu ini juga terbatas.

Lah wong pesanan nasi goreng temen saya baru sampai satu jam kemudian, sampe dia kelaparan 🤣
Untuk menu minuman yang saya pesan datangnya kurang lebih dua jam kemudian, pas mau magrib gitu.
kl nature park jember
Beberapa menu makanan yang bisa dipesan


Karena rombongan teman-teman Jember Backpacker jumlahnya cukup banyak ditambah ada bocil-bocil juga, saya pindah ke area lesehan yaitu di tanah lapang. Jadi kita menggelar alas tikar gitu.

Siapa sangka pas waktu magrib, tiba-tiba gerimis dan byurr langsung hujan deras. Omaigod
Untung ada area yang tertutup atap meskipun lampunya remang-remang, jadi kita pindah ke area itu.

Dan seorang teman inisiatif memesankan makanan di warung sebelah KL park ini, untung temen sudah kenal lama sama owner warung sebelah, jadi tinggal order pake telpon aja dan minta dianter karena lagi hujan deres.

Yang dari magrib perut cuman keisi sama minuman dikit aja, akhirnya jadi kenyang juga setelah menyantap pesanan nasi goreng. Mau turun ke kota kok ya malah hujan deras, huuuu sedihnya. Soalnya hari minggu itu, dari subuh sampe malam begini, saya belum istirahat, habis kelar acara kantor di luar kota, langsung ke rumah temen buat janjian bareng menuju ke KL Park ini.

Dan untungnya jam 8 malam, hujan sudah mulai terang dikit, akhirnya saya bisa pamitan lebih dulu sama temen-temen buat turun ke kota. Ternyata pas sudah sampai kota, ternyata nggak ada bekas hujan sama sekali. Astagahhh, maklum kawasan KL Park ini berada di dataran tinggi.
kl nature park jember

rembangan jember

kl nature park jember

KL nature park jember


Overall kalau ada niatan ke KL Nature Park buat makan, mendingan jangan berangkat terlalu sore seperti saya, takutnya kalau pas weekend atau hari libur, bakalan “apes” kayak rombongan saya ini yang nggak bisa pesan makanan.

Plusnya dari tempat ini, memang sih kita bisa melihat kota Jember dari ketinggian dan kalau malam bakalan terlihat cantik karena adanya lampu kota yang sudah menyala.


KL Nature Park Jember
Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa - Jember


Comments

  1. Sebenarnya klo dari spot-nya menariiikk bgt ya mbaaa
    bisa duduk santai lihat panorama assoy.

    hanya saja, karena sistem kelola masih amatir bgt, jadinya yhaaaa gitu deh 🤪😴

    ReplyDelete
  2. Aku kok salut ya pas dengar kalau KL Park ini masih di kelola warga. Meski begitu memang agak kurang enak kalau pesanannya terasa lama, terus dibatasi jam pesan. Karena rombongan mba & Jember Backpacker kan tibanya memang sore.

    Semoga saja kedepannya banyak perbaikan dari KL Park sehingga pengunjung makin nyaman nikmatin view cakep dan makanan nya mumpuni, sehingga makin banyak pengunjung yang berdatangan serta membuat pengujung happy.

    ReplyDelete
  3. Waaah unik juga pakai ibu2 utk juru masaknya ya mbaa. Tapi bagus sih, memberdayakan Orang2 di tempat sekitar . Walau pun ga enakny jadi terbatas pesanan menyesuaikan tenaga para ibu tadi 😅

    Aku sukaaa liat tempatny. Apalagi daerah tinggi begini. Ngeliat duduk lesehan sambil gelar tiker, kok seruuu ya. Macam piknik jadinya 😄❤️

    ReplyDelete
  4. Padahal tempatnya kece eh super kece banget ya, sayang banget belum dikelola dengan baik. Kalau nanti dilirik sama yang lebih berkompeten, bakalan lebih bagus nih, lokasinya udah keren banget soalnya, apalagi malam hari ya

    ReplyDelete
  5. Wahh tempatnya asyik buat menanti senja tapi sayang udah close order makanan....semoga lain kali manajemen lebih baik lagi ya. Duduk2 dan ngopi atau ngeteh doang tapi gak makan takut masuk angin.

    ReplyDelete
  6. Eh, akupun mikir, wow di Kuala Lumpur ada Jember park? Ternyata salah deng, beneran di Jember tamannya. Serba salah dong ya, pemandangan menjelang sore itu kan lagi cakep2nya ya. Tapi kalau sampai gak bisa pesen makanan, duh jadi gak nyaman juga nih urusan perut. Kecuali udah makan duluan di tempat lain dan baru ke sini.

    ReplyDelete
  7. Tempatnya sih enak gitu ya..lumayan luas dan asik kalo buat nyantai"sayangnya makanan agak lelet/ gak terima lagi...pantesan kalo di resto atau kafe"emang kebanyakan cowok"yang di bagian pantry,soalnya tenaga mereka emng lebih kuat ,apalagi udah emak".keburu capek

    ReplyDelete
  8. berarti KL Park ini dikelola swadaya ya mba dengan masyarakat sekitar nya..
    sepertinya klo kesana mending bawa bekal aja deh yaa biar gak antri lama nanti buat ordernya la sampae 1-2 jam gitu hehe tapi ya bisa dimaklum sie secara dikelola ibu2 kan ya pasti tenaga terbatas gak kayak cowok2 yg biasanya sat set
    bisa lah jadi referensi kalo pas maen ke jember ini :)

    ReplyDelete
  9. Tempatnya nyaman ya, teduh tapi sampai ga bisa pesan makanan gitu kok gimana ya, memang butuh sdm yang handal untuk bisa memberikan pelayanan, sayang aja seh menurutku , semoga mereka kedepannya lebih siap untuk menerima tamu.

    ReplyDelete
  10. Huaaaaa bagus banget ini mba Inun.. 🤗 Cocok buat menenangkan diri. Tapi kalau rame nggak jadi tenang sih yaa. wkwk 🤣. Btw, kerennn lohh mba masyarakat sana, beneran diberdaya yaaa. Cuma jadinya gitu yaa, pesanannya jadi agak lama. Mungkin karena emnk lagi rame... Semoga kedepannya BuIbu bisa jadi makin kompeten dan bisa lebih cepat dalam menyajikan makanan dan minuman.. Aminnn😉

    ReplyDelete
  11. Uwwu.. suasananyaa.. adem pisaan liatnya..
    Ditambah lagi, KL Nature Park ini beneran dari warga untuk warga yaa.. Jember selalu kreatif bikin acara yaa..
    Aku jadi inget Anang Hijau aja nih kalo disebut Jember City.

    ReplyDelete
  12. Akupun bingung mbak pas pertama liat Judul. Perasaan kok Kuala Lumpur.. tapi kok di Jember? Eh ternyata Kemuning Lor ya, hahaha

    Ini mirip kayak di kampungku, Kuningan Mbak. Resiko kalau di dataran tinggi, acapkali intensitas hujan lebih tinggi dibandingkan area lain di sekelilingnya. Kalo ngga, biasanya suka ada kabut gitu juga. Sisi positifnya yaa pemandangannya ga pernah gagal.

    ReplyDelete
  13. Bagus ya tempatnya, sekalian healing lihat persawahan.. maksudnya baik ya memberdayakan masyarakat sekitar tapi harusnya profesional hehe jangan sampai pelanggan menunggu terlalu lama

    ReplyDelete
  14. senangnya kalau lihat teman2 pada bisa jalan-jalan ke tempat seperti ini, menyenangkan sekali. apalagi barebg teman dan keluarga ya mbak, tambah lagi bocil2 pasti seru

    ReplyDelete
  15. Konsep pengelolaan tempat perlu doacungi jempol karena melibatkan masyakarat sekitar. Tentu saja ini bakal menambah pendapatan masyarakat dan memutar roda pekonomian desa.

    Hanya saja perlu diatur operasional tempat makan agar berjalan lebih efektif dan efisien. Karena pengunjung bakal marah kalau pesanan mereka datangnya lama.

    Bude oke mana kok ga kelihatan..?hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya Bude ike...
      hadeh malah typo --"

      Delete
    2. Ada mas vai, cuman yg aku tampilin yang ga keliatan mbak Ikenya hehehe.

      Iya nih semoga kedepannya pelayanan jadi lebih bagus lagi

      Delete
  16. tempatnya enak banget ini ya mbak buat nongki-nongki bareng temen atau keluarga... pasti bakal seru banget

    ReplyDelete
  17. Ya Allah nunggunya lama banget, aku kalo pesenan telat 30 menit langsung cari minimarket kayaknya. Kalau ke tempat wisata kayaknya harus prepare snack juga ya. UNtungnya tempatnya bagus ya mbaa

    ReplyDelete
  18. Tempatnya terlihat asyik dan nyaman, tapi kalo pesanannya lama, nggak seru juga sih, keburu kelaperan banget

    ReplyDelete
  19. KL itu ternyata Kemuning Lor to, menarik ya tempatnya, asyik buat nongrong ma kiddos nih, bisa jadi referensi saat ke Jember nih

    ReplyDelete
  20. Suasannya adem syahdu. Cocok banget buat nongki sama keluarga. Harganya juga terjangkau sekali.

    ReplyDelete
  21. Pasti enak banget nyore ma keluarga di KL park Jember ni. Harga makanannya rameh di kantor, viewnya keren.

    ReplyDelete
  22. Saya suka sama gazebonya tuh mbak, lebih privat ya misal duduk duduk sama suami gitu. Btw mba ainun domisili di Jember ya? Kalau pas ke Surabaya, kita kopdaran yuk

    ReplyDelete
  23. Awalnya dikira KL itu singkatan dari Kuala Lumpur. Eh ... ternyata Kemuning Lor.

    ReplyDelete
  24. Salfok pas pertama liat judulnya, dikira KL-nya itu Kuala Lumpur, ternyata Kemuning Lor toh.

    suasananya nyaman sepertinya buat santai-santai sore. View-nya juga indah di sekeliling tamannya.
    Mudah-mudahan kedepannya bisa dikelola dengan manajemen yang lebih bagus lagi biar bisa jadi destinasi yang menarik warga

    ReplyDelete
  25. Tempatnya enak banget buat hangout ya mba, saya paling suka tempat terbuka gini. Harga makanan yang disajikan pun murah2 lagi

    ReplyDelete
  26. wah ini nih tempat nongkrong asyik
    mana murah murah ya mbak menunya
    vibes jember emang bikin ngangenin apalagi yg di pegunungan

    ReplyDelete
  27. Saya langsung suka nih dengan penampakan cafenya, Mba. Maklum, suka juga nyari inspirasi dari cafe yang nyaman kayak gini. Apalagi fasilitasnya lumayan lengkap.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang