Pengen Menikmati Suasana China Peranakan, ke Laoban Cafe Jember Aja!

cafe-laoban-888


Lagi-lagi nongkrong di salah satu cafe baru di Kota Jember. Kali ini konsep yang diusung lebih ke khas peranakan gitu. Pokoknya kesannya kayak lagi di negara China aja. Namanya Laoban Cafe by Uncle Osh.

Welcome to Laoban Cafe by Uncle Osh
Lokasinya nggak terlalu jauh dari kantor, tapi waktu saya nongkrong ke Laoban memang bukan pas weekday, tapi pas weekend, kebetulan juga janjian sama teman baru nih, anak Couchsurfing hehehe.

Siang itu saya tiba lebih dulu dari teman saya ini sambil memantau situasi di dalam cafe gitu, rame apa enggaknya. Beruntung siang itu nggak terlalu ramai.

Waktu saya datang, saya langsung menuju ke lantai 2 yang memang areanya lebih luas dan beruntung juga ber-AC. Ya meskipun dinginnya ga begitu terasa, minimal di lantai 2 ini nggak terlalu panas-panas banget.
laoban cafe jember

laoban cafe jember

cafe jember

laoban cafe jember

laoban cafe jember


Pilihan menu makan siang, saya memilih nasi ayam hainan. Kalau ada hainan hainan gini, jadi inget Melaka atau Penang gitu. Anggap aja sebagai obat kangen sama Pulau Penang Malaysia.

Untuk area dapurnya berada di lantai 1, yaitu di area pintu kedatangannya, jadi konsepnya seperti open kitchen gitu. Nggak butuh waktu lama, pesanan saya sudah datang yaitu nasi ayam hainan dan es teh tarik, yuhuu. Perpaduan yang pas. 

Saatnya Icip-icip
Menu makanan nasi ayam hainan yang saya pesan, porsinya cukup banyak. Untuk menu ayamnya ditaruh di wadah sendiri. Nasi dan kuahnya juga terpisah. Untuk teh tariknya yang unik penyajiannya, yaitu di dalam gelas jadul motif lurik warna ijo itu, meskipun ukurannya juga nggak terlalu besar.

Untuk minuman es teh tariknya menurut lidah saya masih oke, enak lah ini, mirip mirip kalau lagi ngafe di kota-kota di Malaysia atau Singapura. Manisnya pas juga, nggak terlalu strong banget, masih aman buat saya yang cukup sering minum minuman manis.
teh tarik laoban cafe

laoban cafe


Sedangkan untuk ayam hainannya nggak mengecewakan dari segi rasa. Di tiap meja disediakan sambal juga yang bisa jadi sedikit tambahan rasa pedas di menu makanan saya. 
Cuma sayangnya untuk nasinya, waktu saya pesan agak kering gitu, meskipun nggak seluruhnya kering juga. 

Menu nasi hainan yang saya pesan dihargai 27 ribu dan untuk minumannya dihargai 16 ribu

Saatnya Explore Laoban Cafe
Laoban Cafe by Uncle Osh ini terdiri dari dua lantai. Untuk lantai 1, areanya juga terbagi dengan open kitchen yang nggak terlalu luas juga. Di lantai 1 ada area ber-AC dan ada juga area yang nggak ber-AC. Tersedia banyak tempat duduk juga sebenarnya di lantai 1 ini, jadi nggak perlu khawatir mau duduk dimana.
laoban jember

laoban cafe jember

laoban cafe


laoban cafe jember
Meet up sama temen Couchsurfing

Sedangkan di lantai 2, areanya lebih luas lagi, jarak antar meja bisa dibilang cukup jauh. Ada area yang disekat jadi privasi lebih terjaga aja. Kemudian juga ada pilihan tempat duduk yang rame-rame.
Pengunjung bisa memilih mau di area indoor atau outdoor. Banyak banget tempat duduknya di lantai 2 ini.

Secara keseluruhan area di Laoban Cafe bernuansa Chinese Peranakan, dari pajangan kipas warna merah sampai kata-kata motivasi khas Cina yang terpajang di beberapa area dinding cafe. Untuk meet up atau chit chat singkat sama temen, not bad lah kalau diajaknya ke Laoban Cafe sini. Dan memang kalau cuaca lagi panas, mendingan pilih ruangan yang ber-AC aja biar nggak terasa gerah banget.


Laoban Jember
Jl. Mojopahit No. 9 Jember
IG : laoban.jember

Comments

  1. Kalo di malatsia mirip chinese muslim food gitu ya.. luas juga cafe nya tu. Wah di sana juga ada teh tarik es...menarik

    ReplyDelete
  2. Kalo liat tempatnya lumayan luas ya mbaaa ini mana ada 2 lantai juga...cocok buat kumpul2 keluarga, meeting ato pertemuan lainnya...
    Tapi sayang ya kok nasi hainan nya di luar ekpektasi, padahal harusnya menjadi emnu andalan ya secara dia mengusung konsep peranakan...semoga next klo mampir lagi nasi hainan nya bisa lebih menarik ya mba biar kita juga gak kecewa 😁

    ReplyDelete
  3. Saya suka dengan pemisah antar ruangannya dengan bukaan yang bulat itu, memberikan nuansa unik di ruang yang simetris. Cafe nya terasa nyaman, ditambah lagi makanannya juga sangat terjangkau. Saya malah heran kok cafenya sepi di saat weekend gitu. Saya pasti betah nongkrong kalau cafenya senyaman itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku setuju sama pemisah antar ruang yang desainnya bulat, waktu pertama kali liat, lucukkk hahahaha
      kebetulan pas weekend yang dateng kesini kayaknya jam 2an, lagi panas-panasnya di Jember dan ngepasin sama jadwal temen yang kelar nonton bioskop di jam 2. Pas aku pulang juga masih sepi mas Cipu, jam 4 gitu. Mungkin karena masih sore dan panas yak

      Delete
  4. hehehe ide yang unik pake cheongsam mbak, lucu juga ya kalau poto poto disini soalnya spotnya juga mendukung sama outfitnya
    iya aku kaget pas teh tarik disajikan dalam gelas jadul mbak, kayaknya ukurannya ga gede-gede banget mbak, tapi lumayan juga bikin kenyang air teh tarik :D

    ReplyDelete
  5. Interiornya ciamiiik sangaatt
    klo ke jember catett nih
    enjoy kulineran sambil pepotoan yaaakkk

    ReplyDelete
  6. Dari foto-foto yang tersaji memang kayaknya tempat ini memang asyik banget buat nongkrong bareng teman. Cuma sayang ya. Kalau nasi hainannya nggak cocok. Tapi, selera masing-masing orang kan beda ya. Siapa tahu cocok di lidah saya. Pan-kapan kalau mudik ke kampungnya bapak mau mampir ke sini ah.

    ReplyDelete
  7. estetik banget ini interior dan desain didalamnya. sangat sangat mencerminkan Tionghoa klasik sekali dan yang paling bikin happy ini makanannya beneran menggoda selera banget! sungguh beneran lezat dan nikmat

    ReplyDelete
  8. Bagus kafenya ya Mbak Ainun, cocok untuk meetup. Kelihatan luas, jadi walau ada beberapa kelompok di situ, tidak saling mengganggu.

    ReplyDelete
  9. Deeket rumah, lumayan tinggal keluar ke jalan raya utama aja
    Speertinya kapan kapan mau diagendakan kesini deh mbak,
    cozy banget tempatnya

    ReplyDelete
  10. Hawa-hawanya chinese banget ya mbak, aku kadang kalo ke kafe china khawatir halalnya aja karena beda keyakinan mungkin. Tapi kalo di laoban ini uda aman ya mbak?

    ReplyDelete
  11. Jadi kalo mau makan atau cuci mata gak perlu jauh-jauh ke negri tirai bambu sana ya mbk..di sini aja udah cocok, nuansa nya dapet , ornamen khas nya juga dapet,yang penting halal toyiban.

    ReplyDelete
  12. Biasanya kalau di kafe peranakan gini yang mantap itu kopi tariknya, kalau saya sukanya yg panas dan ayam hainannya hehehe, ruang2nya juga oke yaa. Menarik.

    ReplyDelete
  13. Naah iyaa, aku td liat fotonya, langsung amazed juga, jarak kursinya jauh2 😁🤭. Berarti mereka mentingin kenyamanan pengunjung, ga cuma ngejar tamu yg makan banyak . Salut sih. Malah enak yaa duduk ngobrol di sana. Krn jaraknya jauh.

    Penasaran menu2nya mba. Kalo nasi ayam Hainan aku dari dulu memang kurang suka. JD mungkin kalo kesana coba menu peranakan yg lain. Tp es teh tarik wajib sih 😍😁

    ReplyDelete
  14. Saya suka sekali dengan cafe-cafe yang memiliki ciri khas yang sangat tegas seperti ini karena selain dari tema pilihan menunya juga pastinya menjadi lebih maksimal karena lebih fokus dengan tema Cafe itu. apalagi tempatnya memang luas dan juga menyenangkan buat orang berkunjung dan makan di sana

    ReplyDelete
  15. Menarik banget nih Laoban Cafe sangat luas dan beneran serasa lagi di China 🤩 ornamennya kental dan oriental sangat.

    Nasi Hainan dan es teh tarik keduanya perpaduan yang the best. Ayamnya banyak banget lho 🤩. Cocok ini cafe buat meet up sangat bikin pengunjung enjoy dan bisa berfoto di setiap sudut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Auto betah yaa, mba Lala.
      Semua tersedia dari makanan sampai bisa jadi konten yang informatif. Makan di Laoban Cafe by Uncle Osh Jember.
      Kayanya pelajar juga suka kalau vibesnya estetik begini..

      Delete
  16. Asik yaa.. kalau pas nongs ke cafe, ternyata cafenya sepi.
    Alhamdulillah, bisa lebih cepat dalam pelayanan dan bebas mengerjakan apapun yang dibutuhkan. Eh, ngobrol sama bestie juga bakalan betah banget ditemenin ama makanan Chinese.

    ReplyDelete
  17. Teh Tarik-nya kelihatan segar bangett, jadi pengen mampir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mbak, seger banget dinikmati siang hari

      Delete
  18. tampak luas dan selesa kafe ni. sy suka suasana sebegini

    ReplyDelete
  19. Laoban Cafe ini sangat keren. Benar kata Mbak Ainun, serasa lagi makan di tiongkok. Sangat instanabl dan cocok buat koleksi foto hehehe. Makanannya juga beragam ya, Mbak. rekomendasi tempat nongkrong kalau pas lagi di Jember.

    ReplyDelete
  20. Chinese Peranakan itu maksudnya gimana mbak Ainun? Btw, gelas teh tariknya emang khas nenek moyang kita dulu kalau ngeteh ya. Kalau nggak salah inget, kayaknya kakekku pun punya gelas seperti itu.

    ReplyDelete
  21. Aku suka interior kafenya menyenangkan vibenya untuk nongkrong, unik gitu ya apalagi kalau makanan dan minumannya juga enak lengkap sudah...

    ReplyDelete
  22. Vibes-nya dapat banget ya! Buat yang suka bikin konten foto dan video, cafe ini pasti bagus banget. Kalau aku perhatikan dari foto-fotonya, semua bangkunya model bangku stool gitu ya tanpa sandaran.

    ReplyDelete
  23. Eh di Surabaya keknya ada nih, pernah lewat, dan memang rame banget kalau pas malam mingguan. Mungkin karena tempatnya kece banget ya, pas buat foto-foto.
    Menunya juga terlihat enak.
    Pankapan harus cobain ah, sebelum nyasar di Jember trus malah nyobain Laoban Jember, hahaha

    ReplyDelete
  24. Saya suka konsep kafe seperti ini, sih, Mba. Soalnya lebih nyaman jika di kafe yang nggak terlalu ramai jadi bisa lebih leluasa. Apalagi jika mendukung kita para penulis buat menulis dengan suasana baru.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang