Kesan Jadul di Kedai Anak Cucu Kopitiam Jember

kedai anak cucu kopitiam jember


Di Kota Jember lagi menjamur tempat ngopi ala kopitiam. Ini nih yang lagi anget-angetnya, Anak Cucu Kopitiam dan gambar ikonnya seorang akong dengan kepala botak gitu. Yang lihat jadi penasaran kan ya. Biasanya kalau kopitiam identik dengan makanan peranakan dan konon kalau menikmati makanan dan minuman di kopitam harganya murah. Ehmmm gimana dengan Kedai Anak Cucu Kopitiam di Jember ini?

Selamat Datang di Anak Cucu Kopitiam Jember
Lokasinya deket sama stasiun Jember, jalan kaki kurang lebih nggak sampai 500 meter juga udah sampai, tepatnya berada di Jalan Anggrek. 

Bangunan Anak Cucu Kopitiam ini memang dirumah lama, yang memang nggak banyak mengalami perombakan, tapi sejak dijadikan cafe, bangunan rumah ini terlihat eye catching tanpa dilakukan perombakan full. Warna merah dan hijau terlihat mendominasi.

Pas saya masuk, dibagian samping dari bangunan utama ini langsung disambut sama penampakan open kitchen dan area outdoor yang terdiri dari beberapa meja dan kursi yang cukup banyak juga.
anak cucu kopitiam jember

kopitiam jember

anak cucu kopitiam jember

anak cucu kopitiam



Sekarang masuk ke area indoornya, jadi tamu kalau mau pesan makanan harus masuk ke bagian indoor dulu dan nanti pesan di depan mbak kasir atau mau bawa buku menunya ke meja. Yang bikin salfok adalah, disebelah meja kasir ada rak mini berisi pajangan yaitu printilan aksesoris seperti gelang manik-manik, pernak pernik pigura foto idola seperti member BTS juga ada. 

Lagi-lagi menu khas Peranakan biasanya selalu ada pilihan menu nasi hainan. Yuhuu saya pesen dong nasi ayam hainan rosted dan minuman pendampingnya es teh tarik, lagi lagi teh tarik. Dan untuk snacknya ya kok pas bener dijual roti bakar, yawelah saya pesan roti bakar srikaya.

Ngintip interiornya yuk

Penataan meja, kursi dan beberapa pajangan di area indoor ini memang cukup menarik. Meja kayu dan kursi besi berwarna merah dan warna dindingnya separuh dicat hijau. Kayaknya kesan khas rumah peranakannya dapet gitu.

Dan yang bikin saya seneng, ada pajangan-pajangan seperti tape atau radio jadul, tv tabung jadul dan telepon model lama yang bunyinya kring kring dan kalau telepon kudu muter nomernya dulu.
kedai anak cucu

anak cucu kopitiam
Printilan yang dijual

anak cucu kopitiam jember


Saatnya Icip-Icip
Untuk porsi nasi ayam hainannya cukup banyak sih, ini kalau untuk ukuran saya ya, ayamnya sampe saya minta bungkus buat cemilan di kantor. Untuk rasa bumbu dan kuahnya ehmm cukup gurih juga dan pas lah bumbunya.

Terus untuk minumannya, es teh tarik disajikan dalam gelas stainlessteel gitu dengan ukuran medium, alias nggak terlalu besar juga. Cuman sayang nih, kalau menurut saya rasa dari teh tariknya kurang greget, saya yang seneng explore minuman teh tarik di beragam cafe merasa teh tarik di Anak Cucu Kopitiam nggak seenak di Laoban gitu, yang mana sebelumnya udah saya kunjungi.
kedai anak cucu kopitiam jember

cafe jember

kedai anak cucu kopitiam

cafe jember


Untuk roti bakarnya, krenyes krenyes gitu, mayan lah, trus isian creamnya banyak sih ini. Bahkan saya nggak habis, jadi saya bungkus juga buat di kantor.
Harga makanan nasi ayam hainan rosted yang saya pesan dibanderol dengan harga 25 ribu, minuman teh tariknya di hargai 18 ribu dan butter kaya toast-nya dijual dengan harga 18 ribu.

Di Anak Cucu Kopitiam ini, ternyata nggak cuman jualan nasi hainan aja, tapi ada juga bubur, aneka mie, aneka kudapan yang lumayan banyak pilihan seperti dumpling, fish roll, fish cake, sup kepiting, banyak pokoknya. Terus minuman yang viral saat ini seperti es coklat plus roti yang dicelupin gitu juga ada. 

Kalau malam saya melewati depan Anak Cucu Kopitiam, beuhh rame bingit, makanya saya kesana pas jam makan siang, jadi nggak terlalu rame, palingan yang betah lama-lama ya anak kampusan yang lengkap sama bawaan laptopnya gitu.
menu kopitiam
Beberapa macam pilihan kudapan


Buat sekedar kongkow plus makan berat, di Anak Cucu Kopitiam asik juga, kapan-kapan saya mau cobain menu yang lain.

Enaknya ke kopitiam mana lagi ya bentar lagi? ntar mikir dulu nih


Anak Cucu Kopitiam
Jl. Anggrek Jember
IG anakcucukopitiam

Comments

  1. Kalo di Malaysia, kopitiam kayak gini, selalunya jenis kopitiam mengamit kenangan nostalgia dulu-dulu ni hehehe.. haros menu-menu nya jenis yang kueh-kueh tradisional gitu hehehe...

    ReplyDelete
  2. Tempatnya nyaman dan luas banget 😍 Kopitiam di Bogor pun ada 2 dan aku baru mampirin yang Serasa Kopitiam.
    Vintage dan nuansa Oriental nya berasa banget. Nasi Hainan 🤩 dari sisi harga pun terjangkau dan lokasinya mudah dicapai. Kalau ke Jember mestilah mampirin kesini.

    ReplyDelete
  3. Kopi tiam sekarang lagi naik daun ya
    Banyak sekali kedai kopi tiam bermunculan
    Di surabaya juga banyak banget
    Aku juga suka nongkrong di kedai kopi tiam
    Selain karena rasa kopinya, juga suka dengan interiornya
    Vintage banget

    ReplyDelete
  4. Suka banget liat interiornya, keliatan otentik. Tapi kapan yaa aku ke Jember.

    Jadi inget dulu suka ke Kopitiam Oey milik Bondan Winarno. Suka banget minum kopi kosongnya sama roti sarikaya. Baca blog ini jadi nostalgia masa2 dulu suka ke kopitiam di Jakarta. :)

    ReplyDelete
  5. Me likeyyyyy ❤️💪 loveee banget vibes jadul kek gini ya ampuunn

    berasa lagi ada mesin waktuuuu dan terlempar di masa lampau

    menu nya juga ciamiikk. lokasi dkt stasiun poin plus bangetttt

    ReplyDelete
  6. Kalo ke Kopitiam bener2 ngerasa betah karena nuansanya back to Tiongkok kuno yaa. Pengen nasi Hainan euy. Tapi sayang minuman kurang manis ya? Buburnya itu pesenan punya teman kah?

    ReplyDelete
  7. Kopi tiam ini memang untung2an. Di JKT banyak, tp yg beneran enak cuma beberapa. Aku sendiri paling sebel kalo rasa es teh tariknya kurang mantep. Padahal paling suka pesen itu kalo ke kopi tiam.

    Nasi ayam Hainan aku juga lebih suka yg roasted drpd yg biasa mba..kayaknya lebih gurih aja.

    Toast nya juga tuh. Paling suka kalo pake roti yg jenis lebar, tebal dan gandum. Dan paling sebel kalo pake roti tawar biasa 🤣

    ReplyDelete
  8. Aku lagi suka dengan suasana tempat ngopi seperti kopitiam ini. Berasa seperti ngopi di rumah sendiri sih..wkwkwk
    Ternyata tidak hanya kopi, ada menu makanan dan camilan segala. Jadi kemungkinan bisa lebih lama kalau nongkrong di sana.

    ReplyDelete
  9. Kalau cafe yang dekat-dekat atau di daerah yang dekat kampus emang akan banyak langganan mahasiswa ya. Tapi kalau menunya enak sih tambah mantap lagi.

    ReplyDelete
  10. Kalau di Makassar, Kopitiam ada beberapa ... nggak pakai "Anak Cucu". Jadi penasaran bedanya apa ya hehehe.
    Suasanya seperti tempo doeloe ya Mbak ... pesawat teleponnya masih ada euyy ... pesawat telepon jaman old.

    ReplyDelete
  11. jadi inget kemarin mo coba coffee shop ala kopitiam disini gak jadi gegara pengennya bubur tapi bubur cuma ready di pagi hari sedangkan kami jalannya sore hari hehehe salah jam deh :)
    unik2 sie ya mba klo yang ala2 kopitiam ini dari namanya trus interiornya pasti berasa ada benang merahnya..bubur, nasi hainan dan teh tarik sepertinya menu wajib di kopitiam :)

    ReplyDelete
  12. Ini aura vintage-nya kuat banget sih mbak, meresap sampe ke relung qalbu, hahaha. Segitu niatnya lhoo ngerapihin dan nambahin pernak-pernak dekorasi yang jadul biar kesan old-nya makin tebel. Dan aku suka sih cafe-cafe kayak gini, ketimbang yang konsep-konsepnya abandoned gitu tapi cuma asal ngisi bangunan tua doang tanpa renovasi yang major.

    Deket rumahku pernah ada yang gitu soalnya. Cafe konsepnya abandoned, tapi cem dekil gitu. Eh.. sekarang malah jadi abandoned beneran ahahah

    ReplyDelete
  13. Waaah jadi pengen ke Jember banyak kafe-kafe lucu ala vintage gitu ya aku suka banget deh beda vibenya seperti terlempar ke masa lalu..yang penting walaupun vintage tapi nggak terkesan jorok dan dekil seperti tren sekarang jadi nggak selera makan hihi

    ReplyDelete
  14. Saaayy, kok lucu banget sih, dari tadi saya disuguhin sama kafe-kafe cantik dan unik banget. Suka banget dengan interiornya yang kece, dan terkesan unik banget. Instagramable banget ini mah, mana makanannya terjangkau, favorit mamak-mamak banget ini mah, hahaha

    ReplyDelete
  15. Suka ama suasananya mbk, jadi berasa kek di rumah sendiri, udah itu warnanya juga cukup seger..ijo putih, untuk harga juga standar lah...nah aku suka nih ada yg jual printilan...bisa cuci mata"sambil makan" hehe

    ReplyDelete
  16. Beberapa kali nyoba kopitiam di beberapa kota lain tp rasanya beda ya. Seharusnya kl sama seharusnya rasanya sama ya

    ReplyDelete
  17. Suasana nya khas bgt yaa ala2 oriental klasik gitu. Aku paling cocok nih ma makanan2 khas kopitiam, nambah referensi 1 lgi klo main2 ke jember

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang