Mandi Air Hangat Setelah Begadang

 
manfaat mandi air hangat

Apakah kamu pernah berpikiran untuk mandi air hangat setelah begadang? Mandi merupakan kegiatan yang sudah sering dilakukan oleh semua manusia sebagai kegiatan pokok, tetapi begadang merupakan aktivitas yang jarang dilakukan oleh banyak orang, entah karena pekerjaan, perjalanan jauh atau mungkin sekedar menikmati waktu luang. 
handal water heater

Walaupun seringkali begadang dianggap sebagai kebutuhan, tetapi kurangnya tidur bisa berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Salah satu cara yang efektif untuk memulihkan tubuh setelah begadang adalah dengan cara mandi dengan menggunakan air hangat. Berikut ini adalah beberapa manfaat mandi dengan menggunakan air hangat setelah begadang.

Manfaat Mandi Menggunakan Air Hangat Setelah Begadang
 
handal water heater

1. Relaksasi Otot dan Pikiran
Mandi dengan menggunakan air hangat sangat membantu merelaksasi otot yang tegang dan menenangkan pikiran setelah begadang. Efek hangat dari air ini membantu mengurangi ketegangan dan memberikan rasa nyaman, yang bermanfaat setelah tubuh dipaksa bekerja keras atau telah melakukan aktivitas tanpa istirahat yang cukup.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Mandi dengan menggunakan air hangat bisa membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini bisa mengurangi rasa kaku, pegal-pegal dan juga kelelahan, serta bisa juga memberikan energi baru untuk menghadapi sisa hari. Dalam tubuh, sirkulasi darah yang baik juga bisa membantu proses pemulihan tubuh secara keseluruhan.

3. Mengurangi Stres dan Kecemasan
Mandi dengan menggunakan air hangat juga memiliki sensasi menenangkan yang bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan yang mungkin timbul akibat kurang tidur. Hal tersebut dikarenakan suhu dari air hangat bisa meningkatkan produksi hormon endorfin yang membuat kamu merasa lebih baik dan nyaman.

4. Meningkatkan Kewaspadaan
Biasanya, mandi dengan menggunakan air dingin dikenal untuk meningkatkan kewaspadaan, akan tetapi mandi dengan menggunakan air hangat yang diakhiri dengan bilasan air dingin bisa mengatasi kantuk dan membuat kamu lebih segar serta siap menghadapi aktivitas selanjutnya.

5. Membersihkan Pori-pori
Mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu untuk membuka pori-pori kulit, hal ini memungkinkan pembersihan yang lebih efektif dan mendalam. Selain itu, mandi air hangat membantu menghilangkan kotoran dan minyak yang menumpuk, serta bisa membuat kulit kamu terasa lebih bersih dan segar.

Dampak Negatif Mandi dengan Menggunakan Air Hangat Setelah Begadang
dampak negatif mandi air hangat

 
Mandi dengan menggunakan air hangat setelah begadang memang dapat memberikan banyak manfaat. Akan tetapi, ada juga beberapa dampak negatif yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif mandi dengan menggunakan air hangat setelah begadang:

1. Penurunan Tekanan Darah
Mandi dengan menggunakan air hangat bisa menyebabkan vasodilatasi atau juga bisa disebut dengan penurunan tekanan darah secara signifikan. Hal ini disebabkan karena, setelah begadang tubuh kamu mungkin sudah dalam kondisi lemah dan penurunan tekanan darah dapat menyebabkan pusing atau juga bisa sampai pingsan.

2. Kulit Menjadi Kering dan Iritasi
Mandi dengan menggunakan air hangat bisa menghilangkan minyak alami dalam kulit, serta juga bisa menyebabkan kekeringan dan iritasi. Setelah melakukan kegiatan begadang, kulit mungkin menjadi lebih rentan terhadap kerusakan kulit karena kondisi tubuh yang tidak optimal.

3. Mengganggu atau Tidak Nyaman Saat Tidur
Meskipun mandi dengan menggunakan air hangat dapat membantu relaksasi, tetapi jika dilakukan pada waktu yang salah, seperti terlalu dekat dengan waktu tidur, dapat mengganggu waktu tidur dan bisa membuat tidur kamu jadi tidak nyaman dan juga membuat lebih sulit untuk tidur nyenyak.

4. Kelelahan yang Berlebihan
Setelah melakukan aktivitas begadang, tubuh juga membutuhkan waktu untuk pulih kembali. Mandi dengan menggunakan air hangat dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan tubuh kehilangan lebih banyak energi dan juga membuat kamu jadi merasa sangat lelah.

5. Menyebabkan Dehidrasi
Dampak negatif yang disebabkan dengan mandi menggunakan air hangat bisa menyebabkan dehidrasi kulit dan juga dalam beberapa kasus,yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi tubuh jika kamu tidak cukup minum air putih sebelum atau juga setelah mandi.

6. Meningkatkan Detak Denyut pada Jantung
Setelah mandi dengan menggunakan air hangat, terjadi perubahan suhu tubuh yang signifikan sehingga bisa menambah beban pada jantung yang dapat berisiko bagi orang yang mempunyai kondisi kardiovaskular. Setelah begadang, tubuh kamu mungkin bisa menjadi lebih sensitif terhadap stres tambahan ini.

Tips Aman Mandi dengan Menggunakan Air Hangat Setelah Begadang
Jika kamu ingin mandi setelah begadang semalaman, inilah tips mandi air hangat yang tepat.

1. Menggunakan Suhu yang Tepat
Mandi dengan menggunakan air hangat harus pastikan suhu air tidak terlalu panas, suhu yang tepat untuk mandi dengan air hangat adalah sekitaran 37 oC hingga sampai 42 oC. Air yang suhunya terlalu panas bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Agar mendapatkan suhu yang tepat, kamu tidak perlu mengira-ngira dengan mencampur air panas dan air dingin, melainkan cukup gunakan Handal Water Heater. Sebab, suhu air hangat dihasilkan Handal water heater sudah dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

2. Batasi Waktu Saat Mandi
Saat melakukan mandi dengan menggunakan air hangat sebaiknya jangan terlalu lama. Waktu untuk melakukan mandi yang baik itu. Durasi yang baik saat mandi menggunakan air hangat adalah 15-20 menit sudah cukup untuk mendapatkan manfaat tanpa menguras energi tubuh yang berlebihan yang sudah lelah akibat habis melakukan begadang.

3. Hidrasi kulit
Setelah mandi dengan menggunakan air hangat, segeralah gunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit supaya kulit kamu tidak rusak. Air hangat bisa menghilangkan minyak alami yang ada di kulit, sehingga penting untuk menghidrasi kulit.

4. Menambahkan Aroma Terapi
Saat mandi dengan menggunakan air hangat pertimbangkanlah menggunakan esensial atau juga sabun dengan aroma yang menenangkan dan harum seperti lavender atau chamomile. Aroma terapi bisa meningkatkan efek relaksasi dan juga membantu mengurangi stres lebih aktif.

5. Akhir Dibilas dengan Air Dingin
Kenapa setelah mandi dengan menggunakan air hangat yang terakhir harus dibilas dengan air dingin? Karena hal tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan dan membantu menutup pori-pori kulit. Membilas tubuh dengan air dingin setelah melakukan mandi dengan menggunakan air hangat setelah begadang hanya butuh beberapa detik saja jangan terlalu lama. Ini juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi tekanan darah dan juga memberikan sensasi kesegaran.

Kesimpulan
Mandi dengan menggunakan air hangat bisa memberikan banyak manfaat seperti relaksasi, peningkatan sirkulasi darah dan juga mengurangi stres. Jika kamu ingin mandi air hangat setelah begadang, sebaiknya lakukan dengan hati-hati untuk menghindari efek samping atau dampak negatif seperti penurunan tekanan darah, kulit menjadi kering dan juga mengganggu siklus tidur. Dengan kamu mengikuti tips aman, kamu bisa memanfaatkan manfaat mandi dengan menggunakan air hangat sambil meminimalkan risiko efek samping dan dampak negatif.

Tips ini juga meliputi bagaimana menentukan pemanas air mandi dengan baik, aman, dan efisien sebagai pertimbangan. Dengan memahami kebutuhan dan preferensi, kamu bisa membuat pilihan yang tepat guna meningkatkan kesehatan dan kenyamanan. Kamu bisa memilih merek yang terpercaya seperti water heater Handal, karena merek ini bukan menjamin kualitas yang tinggi, tetapi juga memberikan jaminan kesehatan dan kenyamanan.

Menghubungkan water heater Handal ke kamar mandi kamu tidak hanya meningkatkan kenyamanan dan kesehatan, mandi harian, tetapi juga menambah nilai yang sangat positif pada gaya hidup. Segeralah pasang water heater Handal untuk merasakan sensasi mandi yang sangat luar biasa setiap hari. Dapatkan Handal water heater hanya dari Dealer Handal resmi dan terpercaya, serta dapatkan promo menarik lainnya.

Comments

  1. Buatku yang kadang pengen mandi malam hari pas lagi capek, bisa jadi tambahan referensi nih. Kalau nggak mandi, keringetan terus. Perlu diperhatiin soal hidrasi juga nih :D

    ReplyDelete
  2. Kalau habis bergadang sebaiknya jangan langsung mandi. Lebih baik tidur dulu beberapa jam setelah itu mandi. Aku biasanya begitu. Mandi pakai air hangat itu bagus. Tapi ga boleh terlalu sering. Kalau badan merasa lelah saja.

    ReplyDelete
  3. Wah saya baru tau kalau ternyata mandi pakai air panas sehabis begadang bisa menurunkan tekanan darah ya mbk...jadi harus paham nih kapan dan berapa lamanya biar gak sembarangan,makasih infonya mbk Ainun

    ReplyDelete
  4. Saya tuh paling suka mandi air hangat malam-malam, apalagi kalau sejak pagi punya banyak aktifitas, rasanya lebih rileks dan tidur pun jadi lebih nyenyak. Makanya saya suka banget beli sabun organik atau natural yang punya aroma terapi atau essensial oil buat makin rileks dan enak di tubuh saat mandi dengan air hangat.

    Tapi memang tidak setiap hari sih mandi air hangatnya, soalnya di rumah kan gak punya water heater dan kadang malas masak air. Kalau lagi dinas tugas negara dan nginepnya di hotel sih baru sering-sering mandi air hangat. hehehe.

    ReplyDelete
  5. Biasanya kalau tugas keluar kota yang hotelnya ada air panasnya, saya mandi sebelum tidur hehe. Tapi, kalau kondisi biasa, paling basuh basuh wajah dan badan saja (di rumah ga ada water heater soale)

    ReplyDelete
  6. wah, baiknya menunggu berapa menit ya setelah mandi air hangat, bilas dengan air dingin baru kita tidur? Aku mengira bakal bisa tidur dengan nyenyak setelah mandi air hangat... mana suka hobi berlama2 juga

    ReplyDelete
  7. Baca judulnya aja badanku dah berasa segeerrr mbaaa
    karena emang manfaatnya banyaakkk bgt yah.
    aku ini juga hobi mandi air hangat mbaaa.

    ReplyDelete
  8. Mandi air hangat emang enak apalagi kalau di rumah ada water heater. Tinggal nyalain aja lalu air panasnya keluar sendiri. Praktis dan gak usah rebus air lagi.

    ReplyDelete
  9. iyaaa mba katanya kalau habis mandi air hangat harus dibilas dengan air dingin ya agar pori2 menutup..suamiku biasanya juga gt..tp aku kok gak bisa ya..takut kedinginan karena pas mandi air hangat itu rasanya nyamann bgt gak pengen berhenti hihihi

    ReplyDelete
  10. Semenjak jadi anak agency aku sering banget begadang 😆 di kejar deadline. Sebenernya gak mau kayak gini lama-lama sih karena impact dari begadang amatlah bahaya.

    Ternyata selama ini habis begadang, aku mandinya air hangat lumayan udah bener ya walaupun masih ada impact negatif nya. Oke fix mesti punya heater handal buat mastiin tingkat suhu air hangatnya pas dan aman ke kulit serta tubuh.
    Makasih mba, sangat bermanfaat tulisannya bak gayung bersambut relate sama kebutuhan aku.

    ReplyDelete
  11. Capek atau pegel memang segera pergi setelah mandi menggunakan air hangat yaa..
    Aku juga suka berlama-lama di bawah air shower yang hangat dan kalau bisa diarahin ke punggung. Auto segeerr dan udahannya bisa bobok nyenyak.

    Uda paling nyaman kalau di rumah memasang water heater Handal.
    Jadi lebih mudah dan praktis mandi air hangatnya.

    ReplyDelete
  12. Kenapa ga kepikiran ya mbaaaak, duh. Aku tuh selama ini kalo pulang main badminton, kadang bisa sampe jam 1-2an.
    Dengan tanpa berdosanya aku langsung byur byur gejebur aja mandi. Padahal bagusnya tuh kalo malem gini mending masak aer dulu yaa, mandi pake aer anget biar ga terlalu berbahaya buat kesehatan.

    ReplyDelete
  13. Sampai lupa kapan terakhir begadang... Aku jarang banget yang begadang. Ya paling tidur telat jam 12 malam. Kalau itu agak sering apalagi kalau libur.. Waaahhh.. Kalau udah gitu paling bangunnya kesiangan. Jam 7 misal 🤣

    Aku kurang suka mandi air anget kenapa ya mba.. Rasanya kaya nggk seger gitu. wkwk. Kayanya ini mah aku aja yang aneh. Soalnya lebiih senang mandi air dingin. Digubyur air shower dari atas,, wahhh enak sekali... 😍

    Aku klau pulang malam, seringnya langsung mandi air dinginnn,..... Brrr enak banget rasanya.. Mood tuhh langsung boost Upppp!!😆

    ReplyDelete
  14. Ternyata mandi air hangat juga ada efek negatifnya ya mungkin kalau terlalu lama dan airnya terlalu panas bisa negatif efeknya...misalnya kulit jadi kering..

    ReplyDelete
  15. Paling seneng kalo mandi air hangat sehabis aktivitas harian, yang kadang super hectic
    Tapi ya gak bisa lama-lama sihhh, penting keguyur anget anget gitu ehehe

    pernah pas di hotel mandi air hangat tapi cenderung kepanasan, untung cuma bentaran, gegara keliru mutarnya ehehe

    ReplyDelete
  16. semenjak ada water heater di tempat saya,
    sekarang mandinya jadi tambah lebih malam,

    ReplyDelete
  17. Diriku sering begadang, tapi takut mandi malam say, kecuali memang misal dari luar gitu, keringatan, mungkin bakalan mandi air hangat dulu sebelum tidur.
    Kalau kayak gini, rasanya enak banget, abis mandi skincare-an, trus bobok, apalagi pas lagi nggak shalat, bisa molor.
    Etapi sama aja sih, kudu bangun dulu buat bangunin anak-anak shalat subuh, hahaha.

    ReplyDelete
  18. Pantesan kulit saya kering banget bahkan sempat berapa kali ganti body lotion karna mikir gk cocok ternyata karena efek mandi air hangat ya, baru sadar mana hobi banget lagi mandi air hangat malam

    ReplyDelete
  19. kalau mandi air hangat pas malam, memang bikin adem suasana sih, karena kan minimal gak kedinginan.
    Gak disangka ternyata manfaatnya pun juga bagus ya buat tubuh

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar biar saya senang